Peserta Keluarga Sakinah menjadi sosok teladan dalam masyarakat

KSBanjarnegara – Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan merupakan salah satu kontribusi Kementerian Agama dalam meningkatkan syiar Islam. Format keluarga yang sesuai dengan tuntunan agama dan berhasil dalam membina keluarga serta mampu memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat adalah persyaratan utama untuk mengikuti pemilihan. Untuk karsidenan Banyumas, peserta dari kabupaten Banjarnegara-lah yang berhak mengikuti perlombaan tingkat provinsi.

Sosok Drs. H. Cholid Badruzzaman dan Dra. Hj. Barokatumminalloh yang purna tugas dari kedinasan PNS Kemenag RI dinilai layak untuk mendapat predikat keluarga sakinah teladan . Rabu, 3 Juni 2015, tim penilai keluarga sakinah tingkat provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari unsur Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah, tim pengerak PPK provinsi, unsur pendidikan dari UIN Walisongo Semarang, dan unsur BKKBN menyambangi kediaman dan disambut di rumah peserta dengan meriah, sebagai bukti penghormatan. Kepala Kankemenag Banjarnegara, Drs. H. Farhani, SH.MM menyampaikan bahwa sulit mencari sosok dan kepribadian dari seorang yang memiliki keberhasilan di dalam dan di luar keluarga seperti keluarga Cholid. Faktanya Cholid telah berhasil mengantarkan putra-putrinya dalam pendidikan keluarga, sekolah dan kesuksesan dalam jenjang karir. “Dalam aspek sosial keagamaan, keduanya aktif di organisasi sosial dan keagamaan”, ungkap Kakankemenag.

Diantaranya, sebagai pengurus cabang NU Kab. Banjarnegara, Pengurus PGRI, Dewan Pendidikan, Ketua Badan Wakaf Indonesia Kabupaten Banjarnegara 2015-2020, Pendiri Madrasah Al-Maarif Mandiraja, aktif pada organisasi dakwah islamiyah. Banyak bukti kiprah dalam pembinaan madrasah yang menorehkan prestasi tingkat kabupaten sampai nasional.

Sementara Barokatuminnalloh juga aktif di bidang organisasi sosial keagamaan, dakwah islamiyah, pembina beberapa majelis keagamaan, sekaligus Kepala MTs Al-Maarif Mandiraja. Dan masih banyak aktifitas lainnya yang beliau geluti disela-sela aktivitas.

Kriteria penilaian

Seperti disampaikan oleh Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Jateng, Drs H.A Saifulloh, M.Ag, selaku Ketua Tim koordinator , bahwa kriteria penilaian keluarga sakinah teladan diantaranya : Kemampuan pengetahuan pengalaman keagamaan, Pemahaman nilai kebangsaan, kiprah di masyarakat, Pembinaan keluarga, disamping hal-hal teknis lainnya.

Penilaian dilakukan oleh tim dibagi ke beberapa segmen, seperti penilaian melalui penjajagan pendapat dari masyarakat melalui sistem wawancana baik dari pihak keluarga, tetangga, rekan kerja, unsur pemerintahan, serta wawancara langsung kepada peserta. Tim penilai bekerja dengan cepat, cermat, dan menghimpun semua informasi dari semua segmen sebagai dasar penilaian.

Keteladanan keluarga sakinah harus ditularkan kepada masyarakat. Peserta yang mendapatkan nilai tertinggi berkesempatan untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah pada Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 14-20 Agustus 2015 mendatang.

Sumber : Web Kemenag Banjarnegara

Link : http://banjarnegara.kemenag.go.id/berita/read/peserta-keluarga-sakinah-menjadi-sosok-teladan-dalam-masyarakat

About Nangim

Ngalap Berkah

Posted on June 8, 2015, in Pengetahuan, Umum and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: