Pendaftaran CPNS Seluruh Daerah se-Jateng Diundur

CATBadan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tegal memastikan waktu pendaftaran Calon Pegawai Negei Sipil (CPNS) formasi umum 2014 diundur. Hal tersebut sesuai dengan hasil rapat koordinasi BKD se-Jawa Tengah (Jateng) pekan kemarin.

Karena itu, BKD mengimbau kepada masyarakat yang akan melamar CPNS tidak perlu resah dan gusar. Sebab, masih ada waktu cukup panjang untuk mendaftar CPNS.

Kabid Pengembangan Pegawai BKD Kota Tegal Mohammad Abdul Hakim mengatakan, semula jadwal pendaftaran CPNS mulai 20 Agustus hingga 3 Sepetember. Namun demikian, rincian formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB) turunnya tidak bersamaan, tetapi secara bertahap.

Khusus untuk Pemerintah Provinsi Jateng dan kabupaten/kota se-Jateng, hingga hari ini baru 11 daerah yang sudah mendapat rincian formasi. Karena itu, pada rapat koordinasi BKD se-Jateng pekan kemarin disepakati bahwa pengumuman dan pendaftaran CPNS 2014 akan dilaksanakan bersama, setelah semua mendapat rincian formasi.

”Adapun keputusan kapan rincian formasi turun dari Kemenpan RB, masih menunggu dari provinsi. Rencana setelah Selasa ini, BKD se-Jateng akan dikumpulkan kembali untuk membahasnya,” katanya Senin (1/9).

Menurut dia, pengumuman selain melalui online, BKD juga akan memasang atau menempel di papan pengumuman di kantor dan di masing-masing SKPD. Termasuk mempublikasikannya melalui media massa. ”Semua daerah melakukan hal yang sama,” ujarnya.

Hakim tak menampik apabila sejauh ini banyak masyarakat yang menanyakan ke BKD, kenapa di Portal Nasional CPNS 2014, formasi Kota Tegal belum juga dapat di akses. Pertanyaan itu, sambung dia, dijawab karena rincian formasi dari Kemenpan RB belum turun.

Yang pasti, masih kata Hakim, masyarakat tidak perlu khawatir. Waktu pendaftaran sudah pasti diundur dan jumlah harinya sama, yakni 15 hari.

”Jadi nanti kalau rincian formasi sudah turun dan diumumkan serta perdaftaran dibuka. Waktu pendaftarannya juga sama 15 hari,” pungkasnya sembari menuturkan, otomatis pelaksanaan seleksi pun mengalami pengunduran jadwal.

Sementara itu, Kasubid Informasi dan Dokumentasi (Infodok) BKD Nasukhi menegaskan, cara mendaftar tetap sama melalui online dengan mengakses Portal Nasional CPNS 2014, htpps://panselnas.menpan.go.id .

Dia mengingatkan, untuk mendaftar, pelamar wajib memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP elektronik. Bagi pelamar yang belum memiliki KTP elektronik dan memiliki NIK, maka harus meminta surat keterangan dari Disdukcapil setempat guna mendapatkan NIK.

”Jadi yang dimasukkan NIK itu bukan nomor KTP reguler yang lama. Kalau tidak punya NIK, maka sistem akan menolaknya secara otomatis,” jelasnya. (adi)

* Klik disini untuk melihat Simulasi Tes CPNS

Sumber jppn.com, at Selasa, 02 September 2014 , 09:00:00

 

About Nangim

Ngalap Berkah

Posted on September 4, 2014, in Umum and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: