Lakukan Prosedur Wakaf Secara Benar Agar Tidak Bermasalah

Foto Wakaf 1Dalam pelaksanaan wakaf sering kali masyarakat tidak mengikuti prosedur untuk legalitas dan menjadikan hal tidak penting. Kejadian ini dikemudian hari bisa menjadikan masalah, dikarenakan legalitas penting di masa sekarang. Untuk memberikan informasi tentang wakaf yang benar, Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Rabu, 18 Juni 2014 mengadakan sosialisasi Pembinaan dan Permberdayaan Wakaf kepada para nadhir yang umumya adalah Takmir masjid dan mushola, serta lembaga pendidikan. Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Banjarnegara.

Dalam sambutan dan pembinaan oleh Kepala Kemenag, Drs. H. Farhani, SH, MM, menyampaikan bahwa sering terjadi kasus perwakafan setelah pihak wakif (pemberi wakaf) atau nadhir (pengelola wakaf/ yang diberi amanah) dikarenakan cuma disampaikan secara lisan saja. Dari segi bukti otentik/legalitas tidak ada sehingga di mata hukum tidak kuat. Bentuk gugatan, menyalahgunaan amanah dan perebutan hak kemungkinan besar bisa terjadi.

Beliau mencontohkan beberapa kasus diantaranya, ada seorang yang mewakafkan jaman dahulu disampaikan dengan ikrar lisan dihadapan jamaah sebuah tempat ibadah. Untuk nadhir dipilih salah seorang yang dipercaya diantara jamaah. Namun seiring waktu wakif meninggal dan ahli waris menemukan bahwa tanah yang di gunakan sebagai tempat ibadah atas nama orang tua ahli waris dengan bukti sertifikat. Dan hal ini sebagai bukti untuk menggugat tempat tersebut sebagai harta warisan yang harus di bagi. Memang dahulu harga tanah masih murah, namun sekarang ini sudah banyak yang di atas 1 juta per meter. Hal ini menjadikan orang bisa melakukan hal-hal yang dianggap benar karena ada buktinya. ada juga nadhir diatas namakan seseorang yang dipercaya, namun setelah nadhir menikah ahli waris nadhir mengklaim bahwa harta tanah bentuk sertifikat menjadikan legal untuk hak di wariskan.

Beberapa contoh diatas menjadikan keprihatian, karena bagaimanapun seseorang mewakafkan tanah hanya dengan ikrar sudah dicatat oleh Allah SWT sebagai amalannya. Namun dengan perkembangan jaman dan kekuatan hukum perlu bukti maka perlu mendapatkan perhatian. “Dengan sosialisasi ini, diharapkan nadhir dan wakif, bisa mengetahui ihwal perwakafan, pengetahuan perwakafan dan bagaimana pemberdayaan/ pengembangan wakaf, khususnya tanah” beliau tambahkan. Hal tersebut diperhatikan agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. Beliau harapkan ada sesi tanya jawab sehingga pemecahan masalah bisa fasilitasi dan diselesaikan.

Setelah dibuka secara resmi oleh Kepala kantor, dilanjutkan acara sosialisasi yang disampaikan oleh Plt Penyelenggara Syariah, Drs. H. Sukarno, MM. Beliau menyampaikan sekilas tentang ihwal wakaf, juga hal-hal terkait wakaf. Terdapat kondisi umum perwakafan di Provinsi Jawa Tengah, khususnya Banjarnegara yang kemungkinan besar bisa menjadi permasalahan, seperti sebagaian besar berupa benda tidak bergerak, berbentuk bangunan, penggunaannya tergantung wasiat yang mewakafkan, pengelolaan wakaf atas dasar kepercayaan dan timbul pandangan kalau benda wakaf tidak boleh diotak atik. Penjelasan teknis dilanjutkan oleh Bapak Rohadi sebagai tenaga teknis perwakafan dan menjawab pertanyaan berkenanan perwakafan.

Peserta sangat anutisas dalam sosialisasi dengan kasus di lapangan, masalah yang terjadi dikecamatan tertentu dan penyampaian harapan agar hal perwakafan bisa dilaksanakan secara tenang, aman selamanya, dan bisa bermanfaat dalam pengelolaanya. Dalam kesempatan tersebut disampaikan informasi bahwa dalam DIPA Kantor Kemenag Kab. Banjarnegara, tahun ini ada bantuan pensertifikatan tanah wakaf sebanyak 10 lokasi, masing-masing 2 juta rupiah.

Foto Wakaf 2

About Nangim

Ngalap Berkah

Posted on June 19, 2014, in Pendidikan and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: