BPJS Wujud Tanggung Jawab Negara Bagi Kesehatan

Foto 2Berubahnya PT. Askes menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan diperlukan sosialisasi dalam hal perubahan dan tugas fungsinya untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pegawai dan juga masyarakat. Diadakan sosialisasi hal tersebut bekerja sama antara Kementerian Agama Kab. Banjarnegara dengan Kantor Operasional BPJS Kabupaten Banjarnegara Selasa, 17 Juni 2014 di Aula Kemenag. Sosiasilasi di hadiri Kasubbag TU, Kasi dan Penyelenggara, Kepala Satker Madrasah, Kepala KUA, Penyuluh, Penghulu serta karyawan-karyawati kantor Kemenag. Pemateri Bapak Sukirman selaku Kepala Kantor Operasional BPJS Kabupaten Banjarnegara.

Dalam sambutan dan pembinaan oleh Kepala Kemenag yang di wakili Kasubbag TU, Drs. H. Sukarno, MM mengharapkan agar peserta bisa memahamai prosedur pendaftaran BPJS dan bagaimana optimalisasi pemanfaatan BPJS dalam layanan kesehatan khususnya kepada pegawai pemerintahan. Menurut informasi bahwa BPJS hampir sama dengan Askes dengan penambahan layanan untuk ambulance, forensik sampai pemulasaraan jenazah. Untuk hal-hal tersebut perlu di sosialisasikan dan mungkin perlu tanyajawab di akhir materi, beliau menambahkan. Beberapa keuntungan akan disampaikan oleh pemateri termasuk jaminanan kesehatan yang masuk bisa sampai anak ke-3.

Setelah dibuka secara resmi Kepala Kemenag Kab. Banjarnegara yang diwakili oleh Kasubbag TU, Bapak Sukirman menyampaikan dari awal sejarah BPJS dan landasan hukumnya. Beliau menyampaikan bahwa BPJS ada 2 jenis, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Kesehatan merupakan transformasi dari Askes sebagai asuransi layanan kesahatan, dan BPJS Ketenagakerjaan merupakan bentuk baru dari Jamsostek yang diberikan kepada masyarakat umum dan dunia kerja swasta.

Penjabaran pelaksanaan BPJS merupakan wujud tanggung jawab negara yang berlandaskan UU No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Kesehatan Nasional. Program ini dilakukan secara bertahap di mana harapan dari Pemerintah awal tahun 2019 semua masyarakat sudah terdaftar menjadi anggota BPJS (Universal Coverage). Didalam UU tersebut mencakup 3 Asas, 5 program dan 9 prinsip sebagai penyempurnaan program Askes/Jamkesmas yang sudah berjalan. Seperti asas gotongroyong, perusahaan yang berbentuk nir laba (tidak mencari untung), dengan mengedepankan kepuasaan pelanggan, portablilitas (tidak terbatas domisili), juga keterbukaan dan siap di audit dalam hal keuangan.

Sebagai landasan pelaksanaan BPJS sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No 69 tentang tentang Standar Tarif Pelayananan Kesehatan pada Fasilitas Tingkat Pertama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan dan Permenkes Nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional.

“Untuk PNS mau tidak mau harus terdaftar, karena sebagai abdi negera” beliau tambahkan. Untuk wiyata bakti juga diikutkan sebagai bukti pelayanan negara tidak “pilih kasih”, namun tetap berpegang pada ketentuan yakni 4,5% dari gaji UMR.

Materi yang disampaikan juga berkenaan dengan pelayanan mana saja yang tidak bisa di jaminkan dalam pelayanan BPJS sebagai batasan pelayanan. Setelah penyampaian materi diadakan sesion tanya jawab. Antusias peserta terlihat dari beberapa pertanyaan yang disampaikan peserta, seperti pertanyaan Sutrisno,S.Ag.MM.Pd tentang persyaratan jadi peserta untuk tambahan dan masyarakat umum, dan bank mana saja yang ditunjuk untuk membayar iuran/premi BPJS.

Tidak ada perbedaan dalam hal pelayanan kesehatan di Rumah sakit, dokter, obat untuk peserta lama dan baru sama baik itu transfer dari Askes maupun baru. Jika terdapat masalah pelayanan, pihak BPJS juga menyediakan layanan Informasi yaitu bisa ke Kantor BPJS Kesehatan Purwokerto, BPJS Kantor Operasional Wilayah Banjarnegara juga bisa melalui Halo BPJS kesehatan di call center 500 400

Foto 3 Foto 1

About Nangim

Ngalap Berkah

Posted on June 18, 2014, in Pengetahuan, Umum and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: