Pembukaan MTQ Pelajar dan STQ Tingkat Kab. Banjarnegara Meriah

MTQ stqDalam rangka mempersiapkan kader-kader untuk mewakili kabupaten Banjarnegara di ajang MTQ Pelajar dan STQ tingkat Provinsi maupun Nasional, Pemerintah Kabupaten bekerja sama dengan LPTQ Kementerian Agama Kabupaten mengadakan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar ke 29 dan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke 23 hari Selasa dan Rabu, 22-23 April 2014. Acara pembukaan dilaksanakan di Pendopo Dipayudha AdhiGraha mulai pukul 09.00 WIB. Peserta adalah para juara tingkat kecamatan hasil penjaringan di tingkat kecamatan. Acara dihadiri Bupati Banjarnegara, Wakil Bupati, Sekretariat Daerah, staf ahli bupati, asisten, camat, lembaga/instansi terkait, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah pembimbing/ official serta peserta lomba.

Acara pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh ananda Hakimudin, pembacaan do’a dan laporan kegiatan. Dilaksanakan pula Pengukuhan Dewan Hakim dan Panitera Lomba sebanyak 33 orang oleh Bupati Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo dengan disaksikan seluruh peserta pembukaan.

Dalam sambutan Bupati Banjarnegara, H. Sutedjo Slamet Utomo, SH, M.Hum mengharapkan bahwa MTQ dan STQ sebagai media silaturrohami, dan mendapatkan kader-kader yang nantinya mampu menjadi duta dan wakil Banjarnegara dalam event tingkat provinsi Jawa Tengah dan Nasional. Beliau juga menyampaikan gambaran dengan adanya dekadensi moral, masalah yang sering terjadi di masyarakat akibat adanya pengaruh teknologi. Sebagai solusinya diberi pembekalan pendidikan moral, akhlakul karimah di meja pendidikan, yang didukung oleh semua pihak baik guru di sekolah/madrasah, pengajar/ ustadz di pondok pesantren juga dukungan birokrasi.

Setelah resmi dibuka oleh Bupati banjarnegara, semua panitia, peserta, dan pendamping mempersiapkan diri tempat dan jadwal. Untuk MTQ melombakan 3 cabang, Tartil Qur’an, Tilawatil Qur’an, Hifdzil Qur’an untuk tingkat SD-MI, SMP-MTS, SMA-SMK-MA. Sedangkan untuk STQ melombakan 2 cabang, Tilawatil Qur’an anak dan dewasa dan Hifdzil Qur’an 1 jus, 5 jus, 10 jus, 20, dan 30 jus. Pelaksanaan selama 2 hari dengan dibagi hari selasa 10 kecamatan dan rabu 10 kecamatan berikutnya.

Dengan peserta yang lumayan, pelaksanaan lomba dibagi di 6 tempat, Gedung Wanita, Gedung PKK, Sasana Bhakti Praja, Aula BPPKAD, Aula L 3 Sekda, dan Sasana Karya Praja. Juara lomba akan mendapatkan Piala, Piagam dan Uang Pembinaan serta mendapatkan bimbingan untuk maju ketingkat provinsi tentunya. Diharapkan event ini dijadikan momentum untuk pembinaan generasi muda yang berprestasi dan berakhlakul karimah, pondasi dan benteng terhadap masalah sosial yang ada, serta menjadikan lomba sebagai media syiar

About Nangim

Ngalap Berkah

Posted on April 22, 2014, in Pengetahuan, Umum. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: