Mencari Rentang Nilai UAMBN

Beberapa waktu yang lalu terdapat permintaan data Hasil UAMBN Madrasah dari Kanwil dengan format yang ada Rentang Nilai. Format tersebut tersebut memunculkan pertanyaan bagi yang menginginkan menggunakan fungsi yg membuat nilai tersebut dapat di dapat menjadi lebih mudah.  Bagi TU madrasah mungkin dihadapkan dengan membuat nilai rentang nilai yang diserahkan ke bagian Mapenda Kabupaten.

Format yang di minta berisi nilai Asli Mapel UAMBN, Rentang Nilai, dan Rekap. Untuk Rekap masih bisa di buat link ke Nilai terbawah dari Hasil UAMBN yang biasanya sudah ada Nilai Rata-rata, Tertinggi, dan Terendah.

Nilai UAMBN biasanya sudah didapat dari hasil koreksi silang/ koreksi guru. Namun untuk menentukan rentang nilainya. (kira-kira ini untuk mengetahui kemajuan rata-rata siswa dalam satu mata pelajaran) membuat kita jadi berfikir panjang. Bagaimana cara mencarinya dengan cepat. Saya mencoba posting solusinya.

Format nilai menggunakan Excel dan di sini saya menggunakan fungsi =FREQUENCY()

Cara-caranya :

–          Pertama siapkan Nilai UAMBN Asli dengan, sesuai rentang nilai satuan. (x,xx) sebagai contoh nilai di bawah ini.

F1

F2

–          Kita perlu membuat tabel pembantu untuk mencari rentang nilai tersebut,  di sebelah kanan tabel seperti gambar di bawah ini :

F3

–          Kemudian, Di Sel B8:B18 di Sheet Rentang mau di isi secara langsung. Blok Sel B8:B18 kemudian ketik =FREQUENCY l, lalu sorot tabel nilai  di Sheet UAMBN Blok sel D8:D22 (semua nilai UAMBN Al Qur’an Hadits dari nilai pertama sampai terakhir). ihat gambar di bawah ini.

F4

–      Setelah kita sorot nilai siswa, maka akan mucul rumus dari tabel nilai yang kita sorot. kemudian bubuhkan tanda titik koma setelah rumus itu. Berikutnya, kita sorot tabel pembantu. Ingat lebihkan satu baris.

F5

–          Jika telah muncul rumus berikutnya seperti gambar di atas, tekan CONTROL-SHIFT-ENTER .

–          Apabila langkah-langkah yang kita lakukan adalah benar, maka akan hasilnya seperti in

F6

–          Terakhir, tinggal memasukkan persen dengan membagi JML/Jumlah Siswa dan di copi ke bawah. Untuk mendapatkan persen cukup mengganti format cell dengan Persentage.

F7

–          Semoga bisa membantu, dan jika ada kesulitan bisa konsul langsung. Terima kasih.

About Nangim

Ngalap Berkah

Posted on April 15, 2013, in Mapenda, Pendidikan, Umum and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Mr. Sjaifulloh

    teng zu bang nang

  2. lumayan nih dpt tambahan ilmu, thanks mr

  3. MTs RAUDLATUTHOLIBIN PEJAWARAN

    thank you modah n sangat membatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: