PPG bagi Guru RA/Madrasah

Dalam rangka mempercepat pelaksanaan program sertifikasi Guru Dalam Jabatan bagi guru RA/madrasah, Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, tahun 2012/2013 memberi kesempatan kepada guru RA/madrasah Dalam Jabatan yang belum pernah ikut sertifikasi guru untuk mengikuti sertifikasi guru melalui pola Pendidikan Profesi Guru (PPG) di sejumlah perguruan tinggi Islam yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah kuliah dalam bentuk workshop dan praktek lapangan selama 2 (dua) semester di perguruan tinggi dalam rangka untuk membekali dan meningkatkan keprofesian guru. Peserta yang lulus PPG diberikan sertifikat pendidik sebagaimana peserta yang lulus sertifikasi guru melalui penilaian portofolio (PF), Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), atau Pemberian Sertifikat Pendidik Secara langsung (PSPL).

Selama mengikuti program, peserta PPG harus bebas tugas dari semua kewajiban mengajarnya di satuan administrasi pangkal (Satminkal), yaitu RA/madrasah tempat yang bersangkutan menjadi Guru Tetap. Akan tetapi, peserta PPG harus kembali mengabdi di tempat tugas semula setelah menyelesaikan program. Oleh karena itu, selama mengikuti program peserta PPG diberikan bantuan pendidikan dan biaya hidup (living cost).

Informasi, lampiran dan ketentuan bisa di dapatkan melalui melalui Pengawas masing-masing kecamatan.

About Nangim

Ngalap Berkah

Posted on October 15, 2012, in Mapenda, Pendidikan. Bookmark the permalink. 22 Comments.

  1. caranya gmn pak?

  2. umi setyaningsih

    caranya gimana pak?

  3. koq infonya telat ya pak NANGIM….

    • surat resmi br Kamis kalau tdk salah, khn perlu dibuat surat resmi dan asman tentunya, jumat jg lg fokus Sosialisasi KB PAI. sy juga ambil dari web. kanwil

      • umi setyaningsih

        pak nangim, ni ada kabar TF dimana2, kecamatan banjar, kok masih mapleng jimpleng?

      • tanyakan sama pengawas… info cepat, jika stlh di beri info dari mapenda langsung di tindak lanjuti dengan mengambil surat dan berkas dari Mapenda

  4. umi setyaningsih

    mas ini guru RA kecamatan banjar yang ada di longlist, kapan PPGnya?apa langsung PLPG?

  5. PPG untuk RA katanya emang belum diberamgkatkan sekarang, soalnya lagi fokus di jenjang MI dan Guru Mapel… mengkin kterbatasan tempat juga materinya berbeda. info yg q dengar gitu… matur tanks u….

  6. Aduh jd tambah gag jelas nie nasib aku dan kawan2…. depag banyak program tp minim realisasi dari inpasing, sertifikasi, pemberkasan K1 & K2 mana bukti nyatanya? klu cuma main2 gag usah deh gembar-gembor sana-sini…. maaf ya skedar curhat… tolong perhatikan kami yang hanyalah orang kecil yg berusaha demi henti tangis anaku dan keluh-kesah ibunya…..

    • Sebenarnya memperhtikan, tapi segalanya tentunya sesuai dgn peraturn dan koridor, serta hubungan dgn beberapa kementerian lain.
      Bersabar, berdoa, berusaha, Pastinya Alloh akan memberikan jalan dan keberkahan bagi kita semua… AMIN….

  7. makasih pak NANGIMULAH… Amin ya robalAlamiiinnnn….

  8. mau tanya ni pak, ada peserta ppg kemarin yang tidak bisa ikut UK karena sakit, klo nnt ada ppg selanjutnya bisa kepanggil lagi ga ya pak ? terimakasih

  9. iya pak terimakaih…o iya pak kira2 kapan ppg lagi dilaksanakan,,,,dlm waktu dekat ini apa masih lma ya .?

  10. bagaimana untuk Guru ra, nasipnya kok tidak jelas???

  11. dah plpg, ada ppg sekarang ada lagi PKG, apa lagi tu pak PKG …..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: